Minggu, 20 Mei 2012

disel asap hitam



Kendaraan yang bermesin diesel adalah kendaraan yang identik dengan kendaraan yang mengeluarkan gas buang hitam yang sangat menggangu. Lalu mengapa diesel rata-rata megeluarkan asap hitam dari knalpotnya? Ada beberapa hal yang menjadi penyebab asap hitam dari diesel, antara lain :

1. Saringan udara kotor.

Meskipun volume penyemprotan pada pompa injeksi sudah sesuai, tapi karena saringan udara kotor, maka udara yang masuk ke dalam silinder tidak sebanding dengan solar yang disemprotkan (udara terlalu sedikit). Solar tidak terbakar dengan sempurna, akibatnya asap hitam. Oleh karena itu secara periodikal, bersihkan saringan udara tersebut atau kalau memang sudah rusak perlu penggantian.



2. Bentuk penyemprotan nosel injeksi tidak bagus/ada tetesan

Bentuk penyemprotan atau ada tetesan pada nosel injeksi akan menyebabkan solar tidak bercampur dengan udara secara sempurna. Sebagian solar tidak terbakar sehingga asap yang dihasilkan dari kendaraan akan berwarna hitam. Maka dari itu, pemeriksaan tahanan injeksi, bentuk penyemprotan dan tetesan pada injektor.

3. Saat penyemprotan terlambat

Solar juga tidak akan terbakar dengan sempurna.

4. Taken turbo cargher kurang

Pada motor-motor yang dilengkapi dengan sistem pengisian udara tekan pengisian silinder akan berkurang bila tekanan pengisian kurang. Hal ini disebabkan kerusakan pada turbocarjer itu sendiri atau kebocoran-kebocoran pada salurannya

5. Knalpot/saluran gas buang tersumbat

Pada motor dengan turbocarjer, knalpot yang tersumbat akan menyebabkan asap hitam. Apabila gas buang tidak keluar silinder dengan lancar, maka udara bersih yang masuk kesilinder berkurang, tetapi jumlah penyemprotan bahan bakar tetap sesuai untuk pengisian udara yang normal. Periksa selalu dan bersihkan knalpot atau ganti bila perlu.

6. Volume penyemprotan tidak sesuai (terlalu banyak)

Sampai batas tertentu, penambahan volume penyemprotan akan menambah daya motor, tapi penambahan volume yang terlalu banyak tidak akan menaikkan lagi daya motor dan akan mengakibatkan asap hitam karena solar tidak terbakar dengan sempurna.

Related Posts:
Bagaimana cara Melepas dan Memasang Injektor dan Tes Tekanan Kompresi Harap diperhatikan pada saat melakukan service menggunakan injektor dan tester tekanan kompresi. Jangan pernah sekali-kali menyalakan atau menstarter kendaraan sewaktu ...
Pemeriksaan Sistem Pemanas Mula Pada saat pemeriksaan sistem pemanas mula ini, baterai/aki kendaraan yang akan diperiksa harus dalam keadaan kondisi baik. Apabila baterai dalam ...
Perawatan Sistem Bahan Bakar Diesel Langkah kerja Bagian-bagian sistem pengaliran bahan bakar akan dirawat berurutan sesuai dengan arah aliran solar; misal seperti pada contoh ...
Mesin Diesel 4 langkah Siklus Engine Diesel Empat Langkah adapun proses kerja siklus motor bakar empat langkah dapat diuraikan sebagai berikut: ...
Diagnosa Kerja AC menggunakan Manometer Sistem kerja AC dapat dikontrol atau didiagnosa mengunakan manometer. Berikut ini adalah daftar diagnosa penyakit-penyakit yang terjadi pada sistem kerja ...

0 komentar:

Poskan Komentar